Kawat Jembatan Barelang Putus

Kapolsek Sagulung AKP Chrisman Panjaitan menunjukkan kabel besar Jembatan I Barelang yang mengalami kerusakan F Muhammad Bunga Ashab (1)
Kapolsek Sagulung AKP Chrisman Panjaitan menunjukkan kabel besar Jembatan I Barelang yang mengalami kerusakan.

SAGULUNG – Suasana di Jembatan Fisabilillah atau yang lebih dikenal dengan Jembatan I Barelang mendadak heboh, Kamis (2/6) siang. Sejumlah pengendara yang melintas memadati jembatan setelah mendapat kabar ada kabel jembatan yang putus. Untuk mengantisipasi halhal yang tak diingikan terjadi, jajaran Polsek Sagulung dan Ditpam BP Batam serta dibantu Brimob Polda Kepri diterjunkan ke Jembatan I Barelang. Diduga kabel besar penyanggah jembatan nomor dua sebelah kiri bagian tengah jembatan, dari arah Tembesi menuju Galang ada dua kawat (wire) yang terlepas. Informasi yang dihimpun, kondisi kabel besar sudah rusak sekitar satu bulan terakhir. Putusnya kawat di dalam kabel penyanggah sangat mengkhawatirkan.

Terlebih masih banyak pengunjung yang seenaknya memakirkan kendaaran di jembatan. Anggota Ditpam BP Batam Supardi mengatakan, kondisi kabel besar sudah kelihatan rusak dalam sebulan terkahir. Pihaknya mengaku kewalahan mengatur pengunjung yang bandel parkir di area jembatan. “Pengunjung sulit sekali diatur. Selain itu, mobil yang parkir sembarangan juga mengganggu arus lalu lintas” ujarnya. Kapolsek Sagulung AKP Chrisman Panjaitan mengatakan, penjagaan di sekitar lokasi jembatan diterjunkan setelah mendapat kabar dari Ditpam BP Batam terkait ada kerusakan sling jembatan. Bahkan pengawasan akan terus dilakukan selama perawatan berlangsung. “Kami mengawasi bersama Ditpam BP Batam dan dibackup Brimob Polda Kepri,” kata mantan Kanit Reskrim Polsek Lubukbaja ini. Menurutnya, saat ini Jembatan I Barelang sedang dalam tahap perawatan dari BP Batam dan kondisi jembatan masih aman. Ia mingambau kepada masyarakat agar tidak memarkirkan kendaraan di jembatan selama perawatan berlangsung. Pelaksana Harian Humas BP Batam Afthar Fallahziz mengatakan, hingga saat ini jembatan masih dalam tahap perawatan dan perbaikan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kabar yang berkembang di tengah masyarakat tentang ada kabel jembatan yang putus itu salah. Afthar menjelasakan, dalam satu kabel besar di dalamnya ada 90 strend dan delapan kawat. Dari delapan kawat ada dua kawat yang putus sehingga tak mempengaruhi stabilitas jembatan. “Isunya di luar ada kabel besar jembatan yang putus. Yang putus itu ada dua kawat di dalam strend. Jembatan saat ini masih aman untuk dilalui,” kata Afthar di lokasi.

Sumber: Koran Sindo Batam

By Irwanta Indonesia
Instagram : enaktinggaldibatam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s