Trik Mengatur Duit Agar Agenda Bukber Gak Bikin Dompet Melilit!

Memasuki bulan puasa, pasti kamu mendapatkan banyak undangan untuk buka puasa bersama atau bukber. Entah dari kerabat atau teman-teman. Dan dilema terbesar adalah semakin banyak agenda bukber, semakin banyak pula uang yang harus dikeluarkan.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara mengelola uang saat agenda bukber di mana-mana? Karena memang kalau boros bisa gawat. Tapi tenang, ini  ada  tips untuk me-manage uang di kala kamu punya banyak agenda bukber!

1. Kasih budget maksimal yang harus dikeluarkan per bukber. Dan pilih menu yang sesuai dengan budget-mu!

fimadani.com

Kadang untuk satu buka puasa, kamu bisa mengeluarkan uang yang cukup banyak sampai bisa menghabiskan jatah bukber lainnya. Caranya, kamu harus menentukan jatah per buka puasa.

Misalnya, untuk sekali buka puasa maksimal kamu cuma bisa menghabiskan Rp 50.000? Atau Rp 100.000? Kalau makanan berbuka kamu lebih dari itu, coba cari menu lain. Bila untung-untungnya masih ada sisa dari budget maksimal, catatlah sisanya dan kumpulkan di satu tempat.

2. Ikutlah andil dalam memilih tempat makan, agar kamu bisa memilih restoran atau kafe yang gak terlalu makan uang banyak.

WhatsApp-Image-20160609 (3)

Kalau sedang memilih tempat untuk bukber, jangan sampai kamu gak ikutan! Di kesempatan ini kamu bisangelobi temen-temen kamu biar mereka bisa sepakat untuk makan di tempat yang harganya lebih friendlydengan kantong kita.

to-do-list-list-notepad-86ef5fa9dab30549dc7f73ed8f97cb33

Untuk beberapa bukber, ada yang sudah menentukan harga bukbernya. Jadi kamu tinggal bayar dan dapat makan serta takjil dan lainnya. Nah, tugasmu adalah memisahkan bukber yang kayak gini dan bukber yang belum ketahuan dananya. Hal ini dilakukan untuk memperjelas lagi pengeluaran danamu, jadi tidak tercampur aduk.

4. Bawa minum sendiri dari rumah gak papa kok, gak usah malu!

BN5IcwjCYAAeEck

Kalau sedang bukber bersama teman-temanmu, jangan malu untuk bawa minum dan takjil sendiri di tas. Hal itu justru lebih baik dibandingkan kamu harus beli takjil lagi di restoran yang lebih mahal.

5. Buat daftar barang-barang yang harus dibeli di bulan puasa di luar bukber. Jadi uang bulananmu juga gak kelabakan.

GM BCC

Pas bulan puasa, pasti ada aja barang yang kamu mau beli baik buat lebaran atau bukan. Masalahnya, kadang barang-barang yang kamu mau beli justru bikin pengeluaran untuk bukber semakin sedikit.

Tulislah barang apa saja yang kamu mau beli di bulan itu dan evaluasi apa saja yang memang harus dibeli di bulan itu juga, dan barang manakah yang bisa dibeli nanti. Evaluasi ini juga bisa membantu kamu untuk tidak terlena dengan barang yang tiba-tiba diskon.

6. Kamu punya banyak geng atau kelompok teman? Cukup bukber satu kali untuk tiap-tiap kelompok. Gak perlu berkali-kali.

IMG-20160607-WA0005

Biasanya ada beberapa kelompok pertemanan kamu yang selalu meminta bukber lebih dari satu kali. Kalau ditawarin untuk bukber dua kali, coba bilang enggak. Satu kali aja sudah cukup kok, kecuali kalau memang bukber ini memang penting atau ada alasan yang rasional untuk kamu harus ikut.

Tapi ingat, tetap jaga budgeting kamu. Kalau bisa, perkecil lagi budget maksimal untuk bukber kedua dengan orang yang sama.

7. Kalau gak penting-penting banget, jangan ikut bukber yang dadakan.

WhatsApp-Image-20160609 (4)

Biasanya ada saja temen-temen yang merencanakan bukber dadakan, padahal kamu udah ngatur waktu dan pengeluaran buat sebulan. Nah kalo yang seperti ini, mending gak usah ikut aja. Kecuali kalau memang bukber ini penting banget untuk kamu.

Bukber adalah momen-momen yang paling ditunggu banget pas bulan puasa. Maka dari itu, jangan sampe bukber jadi beban kamu dalam masalah finansial ya!

Narasumber : Humaira ( IDN Times )

By Irwanta Indonesia

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s